Selasa, 08 Maret 2016

Tips Untuk Menghadapi USM STIS Terbaru

 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg4tWyeisVSZFDfXMOLEeXMaR7oFuj5KA_3tNDzSRrRkgqG1ItitNmYhTdBrpNIDXj3x3acmHsBEGXPIZ8eLWCYjgNn_JdxHl1C09HA_EhnvKj4DRZQWGvBNN6xQ0w_eZvot2XR92-7i2s/s1600/Daftar-Perguruan-Tinggi-Kedinasan.jpg
Sebelum itu saya jelaskan dulu mengenai beberapa syarat yang harus temen-temen penuhi sebelum mengikuti tes USM STIS yaitu pastikan temen2 adalah lulusan SMA/MA dari program IPA dan nilai untuk mata pelajaran matematika dan bahasa Inggris semester 1 minimal 7,00 dan itu bukan hasil pembulatan (referensi persyaratan USM STIS tahun 2012/2013), untuk lebih lengkapnya temen-temen bisa lihat disitus resmi STIS (stis.ac.id) Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk menghadapi ujian masuk STIS tahap 1:

Fokus pada Tahap 1
 
Seperti yang kami sampaikan pada pembahasan sebelumnya, tes masuk STIS dibagi menjadi 3 tahap, pada masing-masing tahap menggunakan sistem gugur sehingga temen-temen harus berusaha lebih keras dan cerdas. Berdasarkan hasil pengamatan yang kami lakukan kebanyak kegagalan melewati tahap 1 karena konsentrasinya terpecah, diidentifikasi salah satu penyebabnya karena terlalu terpikirkan dengan tes tahap 2 atau 3 sehingga ketika mengerjakan tes tahap 1 kurang maksimal.


Jaga Kondisi Fisik
Jagalah kondisi fisik temen2 untuk menghadapi tes tahap 1 dengan tidur lebih awal (jangan begadang) dan kalau bisa minum vitamin atau buah-buahan beberapa hari sebelum tes untuk menjaga kondisi badan temen2 karena perlu temen2 ketahui ketika nanti tes, temen2 akan mengerjakan soal2 tersebut secara maraton atau tanpa istirahat sehingga perlu fisik yang fit . 


Survai Tempat Pelaksanaan Ujian
Menyurvai tempat pelaksanaan ujian mungkin terlihat remeh, namun demikian sesungguhnya itu penting karena dengan kita menyurvai tempat pelaksanaan ujian, kita akan cepat berdaptasi dan nantinya ketika ujian kita sudah tidak merasa asing dengan tempat tersebut sehingga ketika kita mengerjakan soal2 USM dengan lebih maksimal. 


Mempersiapkan Perlengkapan dan Datang Paling Lambat 30 Menit Sebelum Pelaksanaan
Usahakan temen2 sudah mempersiapkan semua peralatan yang dibutuhkan untuk tes seperti alat tulis dan kartu peserta sejak semalam sebelum tes. Selain itu usahakanlah temen2 untuk datang ke tempat tes sebelum tes dilaksanakan karena hal tersebut sangat berpengaruh terhadap keadaan psikis temen2. 


Menenangkan Otak Sebelum Ujian
Kalau bisa ketika temen2 sudah berada di tempat tes, temen2 jangan membuka buku atau catatan2 lain, lebih baik waktu tersebut digunakan untuk berdoa dan menenangkan otak karena otak juga perlu istirahat sebelum bertanding. Sebenarnya hal ini juga merupakan perang mental sebelum bertanding, ketika orang lain melihat temen2 dalam kondisi yang tenang, hal tersebut dapat membuat memental peserta lain akan berkurang. Oleh karena itu jagalah mental temen2 sebelum dan ketika ujian sedang berlangsung. 


Perhatikan Bobot Nilai Masing-masing Mata Pelajaran yang Diujikan
Oh ya temen2 udah taukan materi yang diujikan pada tahap 1? Ya, pada tahap 1 ini temen2 akan dihadapkan pada 3 mata ujian yaitu matematika, bahasa Inggris dan pengetahuan umum dengan jumlah soal dan waktu tertentu.Masing-masing mata ujian jika dijawab benar mendapatkan nilai 4, salah -1 dan tidak dijawab 0, namun demikian ada informasi yang menyebutkan jika masing-masing mata ujian memiliki bobot nilai yang berbeda-beda, untuk matematika memiliki bobot 3, bahasa Inggris 2 sedangkan Pengetahuan Umum 1.

Share this