Rabu, 19 Agustus 2015

STAN Ikatan dinas atau Tidak? Ini Penjelasannya

Status Ikatan Dinas Sekolah Tinggi Akuntansi Negara ( STAN ) - Tidak bisa dipungkiri bahwa peminat sekolah kedinasan sangat banyak setiap tahunnya. Bahkan, untuk beberapa sekolah kedinasan menerapkan berbagai seleksi yang super ketat untuk menjaring mahasiswa baru. Salah satunya adalah Politeknik Keuangan Negara atau STAN. Untuk menjadi seorang mahasiswa di kampus kedinasan ternama tersebut, kalian harus melewati berbagai macam seleksi, mulai dari seleksi administrasi sampai dengan seleksi kebugaran.

Namun, akhir-akhir ini gencar sekali informasi yang menyebutkan bahwa STAN sudah tidak Ikatan Dinas, alias tidak langsung menjadi PNS. Banyak sekali orang tua yang bertanya dan menjadi ragu untuk memasukan anaknya ke Sekolah Kedinasan jika tidak Ikatan Dinas.

STAN Ikatan Dinas Atau Tidak?
Kalau anda telisik lebih jauh, mungkin anda dapat menyimpulkan jawabannya sendiri. Jika kita melanjutkan untuk pendidikan di STAN, maka kita tidak akan di bebankan biaya kuliah alias gratis. Biaya kuliah tersebut di tanggung sepenuhnya oleh pemerinta. Kita hanya mengeluarkan uang untuk formulir pendaftaran saja sebesar 250.000 ( tahun 2015 )

Sekolah kedinasan yang memiliki Ikatan Dinas biasanya memiliki peraturan ketat dalam lingkungan perkuliahannya. Nah STAN ternyata juga memiki peraturan yang sangat ketat dan harus ditaati oleh setiap mahasiswa nya. Berikut peraturannya :

  1. Dilarang menikah selama mengikuti pendidikan
  2. Menerapkan sistem Drop Out setiap semester
  3. Menerapkan kedisiplinan tinggi
Menurut laman yang saya baca ( http://green-muda.blogspot.com/2014/09/stan-tidak-lagi-ikatan-dinas-harus-tes.html ) bahwa STAN masih ikatan dinas, dan menerapkan sistem denda jika ada mahasiswa nya yang tidak mengikuti ikatan dinas selama 10 tahun ( untuk D3 ) . Jadi kalian calon mahasiswa STAN jangan khawatir tidak dapat pekerjaan, selama anda lulus tes TKD, maka anda akan diangkat menjadi PNS di lingkungan kementerian keuangan.

Lain waktu admin akan posting tentang persiapan yang harus dilakukan untuk mengikuti ujian tes STAN. Terimakasih

Share this